Jumat, 10 April 2015

Resep Kue Delapan Jam Khas Jambi

KUE DELAPAN JAM KHAS JAMBI

Kue delapan jam adalah kue yang sangat melekat dengan adat dan budaya Jambi, kue ini selalu tersedia pada saat upacara adat dan hari-hari besar keagamaan. Masyarakat Jambi yang umumnya memeluk agama Islam pada hari raya selalu menyajikan Kue delapan jam untuk menjamu tamu yang bersilahturahmi maupun hanya untuk konsumsi sendiri. Kue delapan jam terbuat dari telur dan terigu serta ditambahkan gula dan susu kental manis dalam jumlah yang banyak sehingga memiliki citarasa yang manis untuk itu bagi kita yang memiliki riwayat penyakit gula dan sedang berdiet dilarang untuk memakan kue ini dalam porsi besar mengingat kadar kalori dan gula yang tinggi, langsung saja simak resep membuat kue delapan jam khas Jambi berikut :


Bahan-bahan :
  • 25 btr tekur bebek
  • 100 gr gula pasir
  • 250 gr mentega
  • 400 ml susu kental manis
  • 50 gr tepung terigu
  • 1/2 bungkus vanili
Cara membuat :
  1. Kocok gula dan mentega hingga gula larut.
  2. Masukkan telur bebek, aduk rata kemudian masukkan susu kental manis, vanili dan tepung terigu kocok kembali hingga tercampur rata.
  3. Siapkan loyang bundar, oleskan sedikit mentega lalu tuang adonan yang telah kita buat tadi.
  4. Kukus dalam kukusan selama delapan jam, gunakan api kecil dan pantau agar air kukusannya tidak habis, jika habis segera tambahkan air kembali, angkat.
  5. Panggang dalam oven  selama 25 menit, keluarkan dari cetakan.
  6. Sajikan.
Demikianlah resep membuat kue bolu delapan jam khas Jambi yang enak, lezat dan mudah dibuat hanya saja dibutuhkan kesabaran untuk menunggu kue ini matang mengingat proses pembuatannya yang lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar