Selasa, 14 April 2015

Resep Membuat Kue Iwel Khas Lombok

KUE IWEL

Menikmati kue tradisional merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Seperti Kue Iwel Khas Lombok ini. Kue ini berasal dari Lombok daerah provinsi Nusa Tenggara Barat. Rasanya yang lezat tak dapat diwakili oleh kue-kue yang ada di zaman modern. Sungguh hebat nenek moyang dulu yang mampu menciptakan resep kue itu. Penasaran bagaimana cara membuatnya ? Baiklah, kita lihat dulu di bawah ini :


Bahan-bahan :
  • 1/2 kg beras ketan hitam
  • 3 lbr daun pisang
  • 1/2 btr kelapa sedang
  • 2 bh gula merah, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • daun pisang secukupnya 

Cara membuat :
  1. Rendamlah beras ketan hitam selama satu malam, tiriskan, sangrai hingga kering kemudian tumbuk halus, sisihkan.
  2. Bakarlah kelapa, kemudian bersihkanlah, cuci dan lalu parut. Campur dengan garam dan beras ketan hitam halus. Masukkan dalam dandang, jangan lupa untuk ditutupi memakai daun pisang.
  3. Letakkanlah irisan gula merahnya di atas daun pisang, kukus sampai gula merah menjadi cair. Sesudah itu, keluarkan daun pisang, tumbuk lagi beras ketan hitam halus dan gula merah secara bersamaan sampai adonan licin.
  4. Gulung ketan, padatkan, kemudian potong-potong dengan ukuran 1/2 cm tebalnya.
  5. Siap untuk disajikan.
Beginilah bahan dan cara membuat kue Iwel Khas Lombok. Menyajikan kue Iwel khas Lombok ini di rumah atau dalam berbagai acara amat cocok saja. Pastikan pula Anda segera mencoba resep kue iwel khas Lombok di rumah. Sehingga menjadi sajian istimewa yang enak. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar